Jun 19, 2009

Kelly Clarkson : Dari "American Idol" Menjadi Idola Dunia

Dari ”American Idol” Menjadi Idola Dunia
Oleh : Dahono Fitrianto

Di luar dugaan siapa pun, penyanyi pendatang baru Kelly Clarkson menyabet dua penghargaan Grammy Awards pada malam penganugerahan 48th Annual Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (8/2/2006) malam waktu setempat.

Tidak tanggung-tanggung, Clarkson memenangi dua penghargaan paling prestisius di kategori musik pop, yakni Best Female Pop Vocal Performance dengan penampilannya pada lagu Since U Been Gone, dan Best Pop Vocal Album untuk album keduanya, Breakaway.

Pada kategori Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik, Clarkson memecundangi para artis yang jauh lebih senior dan lebih dikenal orang, yakni Mariah Carey, Sheryl Crow, Bonnie Raitt, dan Gwen Stefani. Sementara di kategori Album Vokal Pop Terbaik, ia mengalahkan Paul McCartney (dengan album Chaos and Creation in The Bakcyard), Fiona Apple (Extraordinary Machine), Sheryl Crow (Wildflower), dan Gwen Stefani (Love. Angel. Music. Baby.).

Berbicara kepada reporter majalah Rolling Stones, Steve Baltin, Clarkson mengaku tidak pernah mengira akan memenangi Grammy Awards tahun ini. Apalagi sampai membawa pulang dua sekaligus piala berbentuk gramofon sebagai lambang supremasi dunia industri musik Amerika Serikat (AS) tersebut. ”Melihat unggulan lainnya, sungguh bodoh kalau mengira aku akan menang. Aku tidak tahu bagaimana semua itu bisa terjadi, tetapi aku sungguh senang mengetahui orang lain menyenangi musikku,” tuturnya.

Namun, bukan itu saja puncak kebahagiaan Clarkson malam itu. Bagi penyanyi jelita kelahiran Texas, 23 tahun lalu, itu, malam tersebut mencapai puncaknya saat ia tampil di panggung membawakan single terbarunya, Because of You. ”Saya selalu memimpikan dapat tampil di panggung Grammy. Apalagi di hadapan orang-orang luar biasa dan sangat berbakat ini, seperti Bonnie Raitt dan Bruce Springsteen,” ujarnya.

Inilah puncak pencapaian Clarkson sebagai pendatang baru di dunia musik pop, setelah dua albumnya di bawah label RCA Records, Thankful (2003) dan Breakaway (2004), mencatat sukses besar di beberapa negara. Breakaway terjual lebih dari 7,8 juta kopi di seluruh dunia dan meraih platinum di AS, Kanada, Australia, Inggris, Selandia Baru, Irlandia, Afrika Selatan, Singapura, dan Indonesia.

Lagu-lagunya, seperti Breakaway, Since U Been Gone, Behind The Hazel Eyes, dan Because of You sangat akrab di telinga anak muda dan meraih posisi puncak tangga lagu populer di beberapa negara. Tahun 2004, Clarkson masuk nominasi Grammy Awards untuk kategori Penampilan Vokal Pop Wanita Terbaik dengan lagunya Miss Independent. Seluruh keberhasilan itu dicapai hanya dalam waktu tiga tahun setelah namanya pertama kali terdengar tahun 2002.

Idola Amerika

Nama besar Kelly Clarkson memang tidak akan pernah bisa lepas dari American Idol. Reality show pencarian bakat menyanyi yang disiarkan jaringan televisi Fox dan sudah dibikin berbagai versi di beberapa negara termasuk Indonesian Idol itulah yang pertama kali membawa nama Clarkson dikenal orang.

Clarkson adalah pemenang American Idol pertama saat acara itu diperkenalkan tahun 2002. Di final, Clarkson memperoleh dukungan 58 persen penonton yang mengirimkan dukungan melalui SMS, dan mengalahkan finalis lainnya, Justin Guarini.

Perjalanan hidup Clarkson di dunia musik diawali oleh sebuah kebetulan. Gadis kelahiran Fort Worth, Texas, 24 April 1982, itu sebenarnya bercita-cita menjadi seorang ahli biologi kelautan.

Biografi di situs resminya, www.kellyclarkson.com, menuliskan, saat masih berumur 13 tahun, Clarkson iseng bernyanyi sendiri di koridor sekolahnya di Pauline Hughes Middle School, Burleston, Texas. Senandungnya itu ternyata terdengar oleh seorang guru, yang kemudian memintanya bergabung dalam paduan suara sekolah.

”Tidak ada yang mengira aku punya bakat menyanyi, sampai hari itu. Sejak itu, guruku itu benar-benar mendorongku untuk berlatih menyanyi karena di paduan suara itu aku yang paling ketinggalan. Saat itulah aku menemukan tempat dalam hidup ini,” ujar dara berambut pirang itu mengenang.

Kemampuannya menyanyi kemudian berkembang pesat dan Clarkson selalu memukau penonton dalam penampilannya di berbagai kontes menyanyi lokal. Clarkson sempat menjadi pelayan restoran, asisten apoteker, bekerja di gedung bioskop dan kebun binatang sebelum memutuskan untuk mengejar cita-citanya menjadi penyanyi profesional.

Setelah lulus sekolah, ia pindah ke Los Angeles dan mulai mengirimkan rekaman demo tape-nya ke berbagai perusahaan rekaman. Akan tetapi, semua usahanya itu terhenti saat apartemennya terbakar dan memusnahkan semua impiannya.

Kembali ke Texas, seorang teman terus mendesak Clarkson untuk tidak menyerah begitu saja. Saat itulah pendaftaran peserta American Idol dibuka, dan teman tersebut meyakinkan Clarkson untuk mencoba mendaftar. ”Aku akhirnya pergi mendaftar just for fun. Dan, here I am now....”

Sumber : Kompas, Sabtu, 11 Februari 2006

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks