Jun 25, 2009

Justin Gatlin : Menanti Gatlin Menggusur Powell

Menanti Gatlin Menggusur Powell
Oleh : A Tomy Trinugroho

Keberhasilan Justin Gatlin menjuarai nomor lari 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik 2005 bukan sesuatu yang mengejutkan. Sebelum kejuaraan dimulai, Gatlin telah diunggulkan merebut emas 100 meter karena rival utamanya, Asafa Powell, cedera dan tak bisa mengikuti kejuaraan.

Namun, dalam final lari 100 meter pada hari Minggu (7/8) malam, sprinter Gatlin tak sekadar memenangi perlombaan. Pemuda kelahiran Brooklyn, New York, itu menunjukkan prestasi yang Ć¢€nilainyaĆ¢€ melampaui medali emas yang diterimanya.

Terhadap peraih perak Michael Frater, Gatlin mampu berlari dan menciptakan selisih waktu yang tercatat sebagai selisih waktu terbesar dalam sejarah kejuaraan dunia atletik. Dalam lomba hari Minggu itu, antara Gatlin dan Frater terpaut waktu 0,17 detik. Frater membutuhkan waktu 10,05 detik untuk berlari menempuh lintasan lomba, sedangkan Gatlin membutuhkan waktu 9,88 detik.

Sebelum itu, selisih waktu terbesar, 0,15 detik, diciptakan Carl Lewis pada tahun 1987 di Roma. Lewis yang merebut emas memiliki catatan waktu 9,93 detik, sedangkan Ray Stewart yang mendapat perak memiliki catatan waktu 10,08 detik. Saat itu gelar juara awalnya dipegang Ben Johnson, tetapi akhirnya dibatalkan karena ia terbukti menggunakan doping.

Dalam kehidupan sehari-hari, selisih waktu 0,17 detik atau 0,15 detik jelas hampir tidak ada artinya. Namun, dalam adu sprint tingkat dunia, perbedaan 0,02 detik memiliki arti besar. Dengan menciptakan selisih waktu 0,17 detik, Gatlin disejajarkan dengan Carl Lewis, atlet legendaris negeri Paman Sam yang mengantongi sembilan emas Olimpiade.

Sungguh? Jadi saya memegang sejenis rekor, begitu? ujar Gatlin, seperti dikutip www.usatoday.com, saat diberi tahu bahwa selisih waktu dengan Frater tercatat sebagai selisih waktu terbesar dalam sejarah kejuaraan yang digelar pertama kali pada tahun 1983 itu.

Namun, bukan karena itu saja Gatlin lantas disejajarkan dengan Lewis, tetapi juga karena emas yang direbutnya dalam kejuaraan dunia di Helsinki tersebut. Emas ini melengkapi emas lari 100 meter Olimpiade Athena yang juga direbut Gatlin.

Dengan prestasi itu, Gatlin menyamai prestasi Lewis, Donovan Bailey (Kanada), dan Maurice Greene (AS) yang juga pernah memegang supremasi di kejuaraan dunia dan Olimpiade.

Namun, emas Olimpiade 2004 dan sejarah baru yang ditorehkan di Helsinki bukan pencapaian tertinggi dari Gatlin.

Sprinter yang sebelumnya dipersiapkan sebagai atlet lari 110 meter gawang ini menargetkan menggusur rekor dunia milik Asafa Powell. Gatlin yang mengawali karier profesionalnya pada tahun 2002 telah mematok rekor dunia lari 100 meter yang akan diciptakannya, 9,75 detik. Target waktu ini berselisih 0,02 detik dengan rekor dunia sekarang yang diciptakan Asafa Powell pada pertengahan Juni 2005.

Beberapa saat setelah Powell mengukir rekor baru, telepon seluler Gatlin dibanjiri SMS yang mengabarkan prestasi sprinter Jamaika itu. Kepada USA Today, Gatlin mengatakan, sebelum musim tahun ini dimulai, ia telah memperkirakan rekor lari 100 meter pasti tercipta.

Entah oleh siapa. Dugaan saya benar, kan? Pemecahan rekor kedua juga akan terjadi dan orangnya adalah saya, katanya.

Semangat Gatlin mencetak rekor baru tak hanya tercermin saat beberapa hari setelah Powell membuat dunia tercengang. Semangat yang sama tetap dipancarkan Gatlin sampai sekarang.

Ia dengan tegas membantah bahwa emas di Helsinki akan gagal dikantonginya jika saja Powell ikut berlomba.

Kalau Asafa ikut berlomba, kami akan berlari lebih cepat lagi. Bersamanya, saya tentu akan melakukan yang terbaik, ujar Gatlin. Ia mengaku masih sangat haus akan prestasi besar.

Ia ingin seperti Carl Lewis yang dijuluki Gatlin sebagai jawaranya jawara. Karena itu, selain emas 100 meter, ia juga memburu emas di nomor lari 200 meter dan estafet 4 x 100 meter di Helsinki.

Sumber : Kompas, Rabu, 10 Agustus 2005

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks