Jun 26, 2009

Ben Stiller, Membuat Film sejak Umur 10 Tahun

Ben Stiller, Membuat Film sejak Umur 10 Tahun
Oleh: Lusiana Indriasari

Di sebuah Kebun Binatang Central Park, New York, hidup empat hewan yang bersahabat, singa, zebra, jerapah, dan kuda nil. Suatu hari salah satu dari hewan tersebut hilang dari kandangnya. Ketiga hewan lainnya kemudian melarikan diri dari kebun binatang untuk mencari sahabatnya yang hilang.

Perjalanan panjang dalam pencarian itu membawa ketiganya dalam perjalanan ke Afrika. Ketika kapal mereka dibajak, ketiganya ditangkap. Mereka pun merasakan keganasan hidup di dunia liar.

Tontonan film kartun yang apik berjudul Madagascar ini sudah mulai diputar di beberapa bioskop di Jakarta. Seperti film-film kartun garapan Disney lainnya, film fabel tersebut juga memasang nama-nama besar sebagai pengisi suara, salah satunya adalah Ben Stiller (39). Aktor komedi ini menyumbangkan suaranya untuk tokoh singa yang kocak.

Nama Ben Stiller sudah sangat akrab di kalangan penggemar film, terutama penggemar film komedi. Puluhan judul film komedi sudah dia bintangi. Beberapa film komedi yang dia bintangi dan berhasil menarik minat penonton adalah Meet The Parents dan Meet The Fockers yang masing-masing diproduksi tahun 2000 dan 2004. Ben Stiller juga sukses membintangi film action humor Starsky & Hutch.

Banyak orang mengatakan, takdir aktor, penulis, sekaligus sutradara Ben Stiller sudah digariskan. Ben, yang nama lengkapnya Benjamin Stiller, adalah anak pasangan aktor komedi Jerry Stiller dan Anne Meara. Dalam tubuhnya sudah mengalir darah komedian yang diturunkan ayahnya. Ia lahir di New Yory City pada 30 November 1965 lalu.

Masa kecil Ben tidak asing dengan gaya hidup Hollywood dan dia tumbuh di antara para bintang Hollywood. Ben ingin sekali seperti kedua orangtuanya yang sangat terkenal. Di usia belia, Ben dan saudaranya, Amy Stiller, mulai bermain drama di rumah. Bertopang pada paha saudaranya—supaya kelihatan tinggi—Ben memerankan Shakespeare. Ben kecil juga sangat tertarik dengan kamera. Pada usia 10 tahun Ben mulai menyorotkan kameranya untuk membuat cerita film sendiri. Ceritanya berkisar soal anak-anak yang sering menindas anak lain yang lebih lemah, yaitu Ben. Setelah ditindas, Ben kemudian membalas dendam.

Setelah dewasa, Ben melanjutkan pendidikannya di sekolah teater, film, dan televisi di UCLA. Setelah keluar dari UCLA, Ben mulai berkiprah di dunia film. Sebelumnya dia sudah berkiprah selama beberapa tahun di teater. Sambil bekerja di teater, Ben bermain dalam film pendek berjudul The Color of Money. Di film pendek itu dia berperan sebagai Tom Cruise.

Layar lebar

Ben Stiller membuat debut pertama di layar lebar dalam film yang disutradarai Steven Spielberg, Empire of the Sun (1987). Semenjak itu, karier cowok berlesung pipit ini terus berkembang. Untuk mendapatkan peran yang lebih luas di dunia layar lebar, pada tahun 1989 Ben melanjutkan kariernya dengan membuat film komedi pendek berjudul Elvis Stories.

Film ini bercerita soal penggemar berat tokoh rock ’n’ roll Elvis Presley yang diperankan oleh John Cusack. Salah satu film komedi pendek berjudul Hustler of Money berhasil menyabet kemenangan sebagai penulis dan pemain di acara Saturday Night Live pada tahun 1989. Keterlibatannya dalam acara televisi itu hanya sebentar, tetapi membuat dia memiliki acara televisi sendiri, The Ben Stiller Show, di MTV. Meski acara ini akhirnya surut, ia mendapatkan penghargaan Emmy untuk naskah komedi pada tahun 1993.

Tahun berikutnya, Ben Stiller membuat debut penyutradaraan film cerita berjudul Reality Bites, di mana dia ikut mendampingi artis Winona Ryder dan aktor Ethan Hawke. Film ini dianggap sukses secara komersial. Sayangnya, usaha Ben untuk menyutradarai film Cable Guy gagal.

Pada tahun 2000 Ben Stiller menikahi Christine Taylor. Hasil perkawinan mereka membuahkan seorang anak perempuan bernama Ella Olivia yang lahir pada 10 April 2002 di Los Angeles.

Selama bertahun-tahun Ben adalah fans berat Tom Cruise dan sudah memerankan tokoh idolanya itu selama bertahun-tahun.

Dalam perannya, Ben menggambarkan tokoh Tom Cruise dengan aksi gila-gilaan dengan nama yang dipelesetkan, Tom Crooze. Dalam MTV Award, peran Ben sebagai Tom Cruise berhasil menyabet penghargaan dalam segmen Mission Improbable, pelesetan dari film Mission Impossible yang diperankan oleh Tom Cruise. Ben Stiller dan Tom Cruise sendiri sudah berteman sejak tahun 1996.

Sumber : Kompas, Sabtu, 2 Juni 2005

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks