Jun 18, 2009

Tony Blair : PM Termuda dan (Bisa) Terlama

PM Termuda dan (Bisa) Terlama
Oleh : August Parengkuan*

Tony Blair selain merupakan sosok termuda usia ketika menjadi Perdana Menteri Inggris, istrinya juga melahirkan bayi saat masih menghuni 10 Downing Street di London. Ia baru berusia 43 tahun ketika menjadi PM tanggal 2 Mei 1997. Sosok usia termuda yang menjadi PM Inggris sejak William Pitt pada akhir abad ke-18.

Partai Buruh yang dipimpinnya sejak tahun 1994 menang telak atas Partai Konservatif pada 1 Mei 1997, setelah partainya Margareth Tatcher itu berkuasa selama 18 tahun. Hasil pemilu Inggris itu menghancurleburkan Partai Konservatif yang hanya memperoleh 30 persen suara.

Salah satu yang membawa kemenangan Partai Buruh adalah ketika Tony Blair menjadi Ketua Partai Buruh pada 21 Juli 1994, ia menyatakan bahwa partainya itu sebagai Partai Buruh Baru. Hal itu dikemukakannya sebagai usaha untuk menunjukkan kepada para pemilih Inggris bahwa partainya telah berubah dan jangan ragu lagi memilihnya. Sementara Partai Konservatif yang berkuasa dinilai tidak banyak berbuat dalam berbagai pelayanan publik. Dan memang Partai Buruh yang berdiri tahun 1900 itu sangat menyadari bahwa pemimpin karismatik itu akan mendongkrak perolehan suara Partai Buruh bila ia menjadi pemimpinnya. Blair kepada para pemilihnya menjanjikan tidak akan menaikkan pajak pendapatan yang memang ditepatinya.

Tony Blair atau nama lengkapnya Anthony Charles Lynton Blair lahir di Edinburg pada 6 Mei 1953. Ia menyelesaikan studi hukum di Universitas Oxford tahun 1975, langsung berpraktik sebagai pengacara, ayahnya juga berprofesi sebagai pengacara.

Ia terjun ke dunia politik dengan menjadi anggota parlemen dari Partai Buruh di Distrik Durham tahun 1983. Tahun 1988 pimpinan Partai Buruh, John Smith, mengangkat Tony Blair sebagai menteri dalam negeri kabinet bayangan ketika ia baru berusia 35 tahun.

Pada pagi hari 2 Mei 1997 setelah kemenangannya dalam pemilu itu, ia menyatakan, "Kami terpilih sebagai Partai Buruh Baru (New Labour) dan kami akan memerintah sebagai Partai Buruh Baru."

Pada enam bulan pertama pemerintahnya, semua jajak pendapat di Inggris menunjukkan angka tertinggi yang pernah dicapai oleh seorang perdana menteri sejak Wilson Churchil.

Pada pemilu Mei 2005, sekalipun Blair banyak dikecam karena keterlibatan Inggris di Irak yang bersekutu dengan Amerika Serikat, masyarakat Inggris tetap memilihnya. Ia mendapatkan suara terbanyak. Dan kalau berhasil menyelesaikan periode jabatannya tahun 2010, ia akan merupakan sosok yang paling lama menjadi perdana menteri di negeri itu.

Kini ia sudah sekitar sembilan tahun menjadi perdana menteri. Ia pernah menyatakan sesudah masa jabatan ini ia tidak akan mengikuti pemilu tahun 2010.

Berbeda dengan Tatcher, Tony Blair yang berasal dari generasi muda terkenal dengan wawasannya yang luas dan terbuka. Ia pro-Uni Eropa dan pro-NATO.

Ketika dilantik sebagai PM hasil pemilu 2005, ia menyatakan tahun 2006 Inggris akan kontinu menjadi salah satu negeri yang paling berhasil di dunia dengan ekonomi yang kuat dan pelayanan publik yang baik, "di mana kita bekerja keras, hidup santun dan tulus". Ia menyatakan, dalam abad dengan perubahan yang begitu cepat, tantangan-tantangan baru dan ancaman akan timbul secara tetap, tetapi kita harus selalu bersyukur akan kebesaran negara Inggris.

Ia berkali-kali menekankan perlunya pelayanan publik terus ditingkatkan. Ia juga memberi perhatian pada kesejahteraan ekonomi rakyat, kaum pensiunan, serta berbagai kebijakan kemakmuran dan keamanan rakyat Inggris untuk 50 tahun ke depan, tapi sudah harus dipikirkan dan masuk dalam kebijakan pemerintah sejak sekarang ini. Blair tak lupa menyampaikan kebanggaannya kepada masyarakat internasional karena Inggris berhasil menang untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2012.

Ia berusaha melakukan reformasi di bidang pendidikan dengan memberi kebebasan lebih kepada sekolah-sekolah agar lebih independen, yang memungkinkan sekolah-sekolah mendapatkan sponsor dari dunia usaha, organisasi-organisasi lain. Majelis sekolah dan dewan penyantun diberi kebebasan untuk mengembangkan etosnya sendiri serta sistem penerimaan. Ide ini masih ditentang banyak pihak, termasuk oleh beberapa tokoh dari partainya sendiri. Beberapa tokoh partai oposisi mendukungnya karena pemberian otonomi yang lebih besar kepada sekolah. Bukan saja dalam soal pembayaran, mungkin juga dibebaskan dari uang sekolah, tetapi sekolah dapat kebebasan untuk menentukan kurikulumnya sendiri.

Bush Best Friend (BBF)

Walaupun demikian, persahabatan Bush dan Blair membuat simpati rakyat Inggris terhadap Blair menurun. Ini karena ia melibatkan Inggris dalam persekutuannya dengan AS memasuki Irak. Maka, di Inggris terkenal istilah BBF untuk Blair yang diartikan sebagai Bush Best Friend. Hubungan itu terjadi karena ketika Inggris menyerang Kepulauan Malvinas, AS jugalah yang mendukung Inggris.

Sekarang ini Partai Buruh tampaknya mulai mengelus-elus calon pengganti Blair untuk memimpin pemerintahan bila Blair tak dapat meneruskan pemerintahannya atau persiapan untuk menghadapi pemilu mendapat persoalan.

Calon yang dipersiapkan itu adalah Gordon Brown, menteri keuangan.

James Gordon Brown adalah tokoh yang disenangi banyak orang dan kini dipercaya kepopulerannya sudah melebihi Blair. Brown memang banyak berbuat untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Inggris.

Brown yang kelahiran tahun 1951 adalah putra seorang pengurus gereja di Skotlandia.

*August parengkuan, Wartawan, Tinggal di Jakarta

Sumber : Kompas, Rabu, 29 Maret 2006

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks