Jun 9, 2009

Revo Arka Giri Soekatno : Revo, Perintis Wikipedia Indonesia

Revo, Perintis Wikipedia Indonesia
Oleh : Amir Sodikin

Mereka membuktikan Indonesia memiliki semangat kerja sukarela untuk menghasilkan karya besar yang ikut dicatat dunia. Lebih dari sekadar web log, atau multiply, ataupun friendster, bahkan lebih dari sekadar kerja birokrasi pemerintahan, inilah candu dunia maya yang harus mendapat dukungan: Wikipedia.

Wikipedia yang jumlah artikelnya di edisi bahasa Inggris telah melampaui Encyclopedia Britannica, ternyata tumbuh pesat di Indonesia. Wikipedia adalah ensiklopedia online multibahasa yang disusun gotong royong para anggotanya agar dapat dibaca dan disunting siapa pun.

Siapa pun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Pada 15 Desember 2006, statistik Wikipedia bahasa Indonesia menunjukkan jumlah artikel tercatat lebih dari 46.051 dan pengguna terdaftar lebih dari 31.353 orang. Menduduki ranking 21 dunia dan terbesar untuk negara berkembang.

Sastra Jawa

Perintis Wikipedia bahasa Indonesia ternyata adalah Revo Arka Giri Soekatno, pemuda yang sejak SMP hingga S-2 tinggal di Belanda. Dia mengagumi sastra Jawa dan saat ini sedang menyelesaikan disertasi soal sastra Jawa kuno di Universitas Leiden, Belanda.

Kerinduannya akan Indonesia dia tuangkan bersama wikiwan dan wikiwati lainnya dalam sumbangan artikel yang mungkin setiap hari kita gunakan jika sedang mencari informasi di http://id.wikipedia.org.

Pria kelahiran 2 Agustus 1975 ini secara tak sengaja "menemukan" Wikipedia pada 2003. Menurut Revo, waktu itu situs Wikipedia jelek dan tidak informatif. Saat itu dia mencari informasi soal suku Guanches di Spanyol.

"Waktu itu informasi yang dia tampilkan sedikit, ternyata saya baru tahu jika informasi yang kita cari tidak ada atau sedikit, kita bisa menambahkan sendiri. Daripada iseng buat web log, di Wikipedia kita bisa menyumbangkan karya yang bisa digunakan orang lain," kata Revo mengenang.

Revo ingat, artikel pertama di Wikipedia Indonesia adalah soal elektron yang dibuat pengguna tak terdaftar. Setelah itu, Revo rutin menyumbang artikel hingga akhirnya pengurus Wikipedia di Florida mengangkat Revo via online sebagai pengurus Wikipedia Indonesia pertama kali.

Selanjutnya, Wikipedia berkembang pesat bahkan Wikipedia berbahasa daerah juga bermunculan, seperti Wikipedia Jawa, Sunda, Banyumas, Bugis, Melayu, dan Tetun.

Wikipedia memiliki keanggotaan bertingkat. Tingkatan dibagi menjadi pengguna anonim, pengguna terdaftar, dan pengurus. Semua pengguna bisa menyumbangkan artikel.

Pengurus Wikipedia

Pengurus ada dua jenis yaitu sistem operator atau Sysop dan tertinggi birokrat. Ya, birokrat, istilahnya sama dengan pemerintahan. Sysop bisa menghapus artikel dan bisa memblokir pengguna yang melakukan vandalisme.

Wikipedia adalah ensiklopedia yang paling radikal yang menawarkan kebebasan pengeditan, karena itu wajar jika banyak yang iseng mengganggunya. Namun, sebagai komunitas terbuka Wikipedia juga menunjukkan kemampuannya untuk "menyembuhkan diri" dari setiap serangan.

Hingga kini Revo telah membuat 6.500 artikel di Wikipedia Indonesia serta 1.000 artikel untuk bahasa Jawa. Rekor artikel terbanyak di Wikipedia Indonesia dan daerah masih dipegang Revo. Jumlah artikel lain yang dia edit juga mencengangkan, 25.000 untuk artikel Wikipedia Indonesia dan 3.000 artikel Wikipedia Jawa.

Saat ini proyek keroyokan Wikipedia Indonesia adalah menampilkan informasi soal Nusantara. Mulai dari provinsi, kabupaten, kota, serta kecamatan sudah mereka garap dan kini mulai menggarap desa dan kelurahan. Bahkan, ada yang iseng usul menggarap dusun. Sesuatu yang berlebihan, tetapi cukup melukiskan mereka gila kerja tanpa dibayar.

Ketika Revo, sang birokrat yang memiliki kekuasaan hampir absolut di Wikipedia Indonesia itu, sedang berlibur di Jakarta, kecanduan akan Wikipedia tetap menjangkit. "Saya sempat keliling ke beberapa kelurahan di Jakarta untuk memotret kantornya, foto itu untuk melengkapi database kelurahan di Jakarta," kata Revo.

Sejarah Wikipedia

Ensiklopedia isi bebas pertama kali dan yang terbesar adalah Wikipedia bahasa Inggris. Wikipedia didirikan 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Jimmy Wales oleh majalah Time dimasukkan dalam jajaran 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2006.

Wikipedia merupakan merek dagang Yayasan Wikimedia yang juga membawahi proyek multibahasa seperti Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar).

Di seluruh dunia, kini ada 67.000 kontributor aktif yang mengerjakan 4.600.000 artikel pada lebih dari 100 bahasa. Wikipedia terbesar adalah versi bahasa Inggris yang saat ini memiliki 1.532.057 artikel.

Semua isi Wikipedia dilindung General Public Licence (GNU) Free Documentation License (Lisensi dokumentasi bebas GNU atau GNU FDL). Ribuan proyek gratisan berada di bawah GNU FDL, tetapi Wikipedia inilah yang merupakan proyek dokumentasi terbesar GNU FDL.

Kebijakan Wikipedia yaitu semua artikel harus ditulis dari sudut pandang yang netral atau neutral point of view (NPOV). Menurut pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, NPOV ini adalah kewajiban dan tidak boleh diganggu gugat.

Sumber : Kompas, Selasa, 26 Desember 2006

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks