Jun 21, 2009

Lech Kaczynski : Presiden Lech Kaczynski, Si "Pencuri Bulan"

Presiden Lech Kaczynski, Si "Pencuri Bulan"

Budi Suwarna

Lech Kaczynski (56) setidaknya melakukan dua ”pencurian” penting dalam hidupnya. Pertama, dia ”mencuri bulan” ketika bermain dalam film Penjahat Cilik Pencuri Rembulan 44 tahun lalu. Kedua, dia ”mencuri” kemenangan dalam pemilu Presiden Polandia putaran kedua, Minggu (23/10/2005) lalu.

Kaczynski yang dikenal sebagai tokoh konservatif memang tidak terlalu diunggulkan dalam pemilu presiden. Dalam setiap jajak pendapat yang digelar media massa Polandia, Kaczynski selalu kalah tipis dibandingkan dengan pesaingnya, Donald Tusk, yang dikenal sebagai tokoh liberal. Perbandingannya rata-rata 55:45 untuk Tusk. Meski demikian, pada hari-hari terakhir kampanye dia sedikit demi sedikit menipiskan keunggulan Tusk. Pada jajak pendapat terakhir, satu hari menjelang pemungutan suara, Kaczynski hanya kalah setengah persen suara dari Tusk.

Pada hari penentuan, seperti atlet lari yang menyalip lawannya di tikungan, Kaczynski menurut Reuters balik mengungguli Tusk dengan kemenangan tipis sekitar 53 persen melawan 46 persen. Dan, mantan aktor cilik ini pun memenangi kursi presiden keempat Polandia. Luar biasa!

Pengamat politik dari Institut Keilmuan Polandia, Mikolaj Czesnik, seperti dikutip AFP, mengatakan kemenangan Kaczynski disebabkan kesalahan Tusk pada minggu terakhir kampanye. Tusk dianggap gagal mengampanyekan konsepnya yang jelas untuk membangun Polandia.

Dalam kampanyenya, Tusk yang propasar bebas mendesak dilakukannya privatisasi terhadap industri negara, diterapkannya flat tax, dan menuntut pemotongan tunjangan sosial untuk memperbaiki ekonomi negara.

Kaczynski mementahkan kampanye Tusk dengan sangat cerdik, yaitu menggunakan isu-isu yang lebih membumi. Kaczynski yang juga propasar bebas mengatakan, dia tetap menghormati konsep welfare state yang melindungi masyarakat miskin dengan jaring keamanan sosial. Secara telak, dia menegaskan Partai Program Kepentingan Umum yang mencalonkan Tusk adalah partai orang kaya.

Di bidang politik, Kaczynski memainkan isu anti-Jerman yang pada masa Nazi telah menduduki Polandia dan membantai banyak penduduk Polandia selama Perang Dunia II.

Racikan materi kampanye inilah yang membuat Kaczynski mendapat limpahan suara dari kaum miskin, warga desa, orang-orang yang punya trauma atas kekejaman Nazi, dan orang-orang yang gamang menghadapi persaingan ekonomi di Uni Eropa.

Konservatif tulen

Sebelum bergabung di Partai Hukum dan Keadilan, Lech Kaczynski bersama saudara kembarnya, Jaroslaw Kaczynski, pernah bergabung dengan gerakan Solidaritas yang berhaluan kanan. Tusk juga bergabung pada gerakan yang sama. Kaczynski bersaudara dan Tusk ikut merobohkan komunisme di negara itu tahun 1989. Namun, Kaczynski bersaudara kemudian memiliki visi ekonomi berbeda dengan Tusk. Kaczynski memilih garis konservatif, sedangkan Tusk memilih garis liberal.

Selama karier politiknya, Kaczynski memang dikenal sebagai tokoh konservatif tulen. Dia selalu menekankan pentingnya nilai dan moral Katolik serta nasionalisme Polandia. Karena itu, ketika menjadi Wali Kota Warsawa, menurut AP, dia sempat menghentikan parade kaum gay awal tahun ini.

Kaczynski juga bertindak keras terhadap kejahatan, termasuk kasus korupsi, ketika menjabat Menteri Hukum tahun 2000-2001. Dia juga dikenal senang menggunakan bahasa yang lebih keras terhadap tetangganya, Jerman dan Rusia, yang menginvasi Polandia pada awal Perang Dunia II. Berkat cara pendekatan itu, dia memperoleh kepopuleran dan dihormati sebagai politikus yang perkataannya dianggap sesuai dengan perbuatannya.

Bagi penentangnya, Kaczynski dianggap sebagai tokoh yang berpikiran sempit dan dipenuhi perasaan iri. Namun, apa pun anggapan penentangnya, Kaczynski telah mendapatkan kemenangan yang manis.

Kemenangan Kaczynski atas Tusk membuat kubu konservatif menyapu bersih kekuasaan di Polandia. Pasalnya, pada pemilihan umum parlemen bulan lalu, Partai Hukum dan Keadilan yang kini dipimpin Jaroslaw Kaczynski juga menang dan berhak mendudukkan Kazimierz Marcinkiewicz sebagai perdana menteri.

Karena itu, ketika Lech Kaczynski dipastikan menang pemilu, dia segera berkata, ”Tuan Ketua, misi telah dilaksanakan.” Perkataan itu, demikian AFP, hanya ditujukan kepada Jaroslaw Kaczynski, Ketua Partai Hukum dan Keadilan, yang juga rekan mainnya dalam film Penjahat Cilik Pencuri Rembulan. Kini, mereka tak hanya mencuri ”rembulan”, tetapi juga kekuasaan.

Sumber : Kompas, Rabu, 26 Oktober 2005

0 comments:

 

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks