Jun 7, 2009

Carrie Underwood : Grammy bagi Sang idola

Grammy bagi Sang Idola
Oleh : Frans Sartono

Carrie Underwood (23), pemenang kontes American Idol 2005 itu, menerima dua penghargaan Grammy 2007 untuk kategori Penyanyi Pendatang Baru Terbaik dan Penyanyi Country Perempuan Terbaik. Ia membuktikan American Idol bukan sekadar tontonan, tapi ajang yang mengantar penyanyi berbakat menuju pentas musik yang sesungguhnya.

Ada banyak yang harus saya beri ucapan terima kasih. Saya mulai dari atas. Thank you, God. Terima kasih ayah, ibu. Terima kasih Simon Fuller, pendiri American Idol yang membuat saya sampai ke sini," begitu ucap Carrie Underwood saat menerima Grammy di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (11/2/2007) malam.

American Idol, kontes nyanyi televisi itu, disebut Carrie karena lewat kontes itulah ia menapak ke industri musik dunia. Sejak awal mengikuti kontes, perempuan kelahiran Muskogee, Oklahoma, Amerika Serikat, 10 Maret 1983, itu telah memperlihatkan potensi yang menjanjikan.

Ia mengikuti audisi American Idol pada musim panas tahun 2004 di St Louis. Ketika pertama kali tampil di televisi Januari 2005, banyak penonton telah yakin ia bakal menang.

Bahkan, Simon Cowell, juri paling "pelit" dan suka berkomentar sengak, menyakitkan, itu memuji Carrie. Simon bahkan memprediksi Carrie akan lebih baik dari jawara American Idol sebelumnya. Carrie adalah juara sesi ke-4 kontes nyanyi itu. Juara sesi sebelumnya adalah Kelly Clarkson, Ruben Studdard, dan Fantasia Barrino.

Ucapan Simon benar. Bahkan, melebihi perkiraannya. Grammy yang diperoleh Carrie merupakan sejarah tersendiri bagi American Idol.

Carrie merupakan pemenang American Idol pertama yang mendapat unggulan Best New Artist dan Best Female Country Vocal Performance lewat lagu Jesus Take the Wheel. Ia pulalah yang mendapat kedua penghargaan berujud gramafon itu.

Country

Penghargaan Grammy menjadi semacam pengukuh kebintangan Carrie di pentas musik. Penikmat musik country secara de facto telah mengakui Carrie sebagai superstar.

Pada CMA Music Festival, perhelatan akbar musik country di Nashville, Tennessee, AS, Juni tahun lalu, kehadiran Carrie menjadi saat yang paling ditunggu. Begitu namanya disebut di panggung, ajang The Coliceum, stadion olahraga American Football itu menggemuruh.

"Rasanya belum lama saya duduk di sana, nonton bersama Anda semua," kata Carrie saat itu, seakan ingin menunjukkan bahwa ia merupakan bagian dari keluarga besar penggemar musik country.

Carrie memang idola di luar kontes American Idol. Biduan yang juga gitaris ini dicintai publik musik country. Buktinya, lewat ajang Annual Country Music Association Awards, Carrie mendapat penghargaan sebagai Best New Female Vocalist, penyanyi perempuan pendatang baru terbaik pada 23 Mei 2006.

Predikat Carrie sebagai idola Amerika rupanya berbanding lurus dengan penjualan album. Album debut Some Hearts yang dirilis pada November 2005 terjual 315.000 keping dalam lima pekan pertama. Itu merupakan rekor penjualan album debut jenis musik country.

Kemudian single Jesus Take the Wheel menduduki posisi teratas selama enam pekan berurutan dalam deretan lagu kondang Billboard Country Chart. Dalam sejarah musik country, prestasi Carrie itu hanya diungguli oleh Connie Smith yang bertahan di puncak tangga selama delapan pekan. Itu pun terjadi pada 1964-1965.

Bakat-cerdas-seksi

Carrie Marie Underwood tumbuh di daerah pertanian di pinggiran kota Checotah, Oklahoma. Ia adalah bungsu dari tiga bersaudara anak pasangan Stephen dan Carole Underwood. Ayahnya adalah pensiunan pekerja industri, sedang sang ibu pensiunan guru.

Carrie bernyanyi sejak kecil di paduan suara gereja. Di usia dini, ia mengikuti kontes pencarian bakat. Pada tahun 1996 ketika berusia 13 tahun, Carrie hampir saja teken kontrak dengan sebuah perusahaan rekaman, tapi urung. Ia terus menyanyi di sekolah dan belakangan juga di kampus. Perhelatan American Idol kemudian menjadi pangkal menuju jenjang karier sebagai biduan.

Selain penuh bakat, Carrie juga dikenal cerdas dan cantik. Tahun 2006 ia lulus dengan predikat magna cum laude dari jurusan komunikasi massa.

Ketika kuliah ia pernah mengikuti kontes kecantikan di kampus dan pernah menjadi pemenang kedua Miss NSU pada tahun 2004. Majalah People memasukkan Carrie dalam daftar 100 Most Beautiful People 2006.

Kalau ada kelebihan lain, mungkin itu menyangkut pesona raga. Setidaknya, Carrie pernah dipilih sebagai World’s Sexiest Vegetarian 2005, vegetarian terseksi, oleh organisasi penyayang binatang People for the Ethical Treatment of Animals (Peta). Carrie memang penganut vegetarian. Ia tidak makan daging sejak umur 13 tahun.

Cantik dan seksi mungkin hanya "bonus" bagi seorang penyanyi. Di luar urusan raga itu, Carrie memang penyanyi yang benar-benar bisa nyanyi. Itu dibuktikan dengan Grammy. Ia adalah idola yang sesungguhnya, bukan idol-idolan yang menang kontes lalu menghilang.

Sumber : Kompas, Rabu, 14 Februari 2007

0 comments:

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger

© Newspaper Template Copyright by bukan tokoh indonesia | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks